LP Ma’arif PCNU Brebes Berikan Bantuan Alat Peraga dari UNICEF Kepada Madrasah di Brebes

Brebes (inklusi.brebeskab.go.id) – Lembaga Pendidikan Ma’arif PCNU Kabupaten Brebes menggelar Rapat Koordinasi Kepala RA/Madrasah, Pengurus Yayasan di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif PCNU Kabupaten Brebes digelar di MTs Assalafiyah Sitanggal sekaligus Pemberian Bantuan Natura Alat Peraga/bantu Pendidikan Inklusi dari bantuan UNICEF. Kemarin, Rabu ( 03/03/2021).

Sambutan Ketua LP Ma’arif PCNU Kabupaten Brebes, Moh. Robikhun yang juga Ketua Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) Kabupaten Brebes mengatakan, Pengurus Yayasan bahwa Ma’arif lebih akan akan berada di tengah-tengah madrasah mendampingi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, baik kurikulum, kelembagaan , akademik maupun non akademik, akreditasi madrasah. Disampaikan juga program yang akan dilakukan adalah pendirian Koperasi Ma’arif, PKPNU dan Implementasi Mata Pelajaran Ke-NU-an bagi Kepala dan Guru Ke-NU-an ,memfasilitasi Diklat Kepala dan Calon Kepala Madrasah .

” Ma’arif merupakan pelopor pendidikan Inklusi. Kab Brebes merupakan piloting UNICEF_LP Ma’arif NU setelah Kab Semarang dan Banyumas. LP Ma’arif telah menelorkan 5 Guru Pembimbing Khusus dan 7 Fasilitator Inklusi Daerah yang siap berhidmah membantu Pendidikan Inklusi. Hidmah Ma’arif untuk Brebes Inklusi, ” tuturnya.

BREBES KUDU INKLUSI sudah dideklarasikan pada Kegiatan Hari Santri Nasional tahun 2019 yang lalu. Untuk perlu pengejewantahan yang kolaboratif lembaga dan madrasah di bawah Lembaga Ma’arif NU untuk mengaplikasikan pendidikan inklusi di madrasah.

Saat pertemuan tersebut, diserahkan juga bantuan natura alat peraga/bantu Pendidikan Inklusi yang berupa ; booklet,Kit Kwartet, Kartu Kolaborasi, Brosur 3 Mode kepada Bapperlitbangda,Dinas Pendidikan ,Pemuda dan Olahraga, Fasilitator Daerah Inklusif Kab Brebes, PC Gerakan Pemuda Ansor Kab Brebes, PC IPNU IPPNU Kab Brebes, SMP Manbaul Hikmah Luwungragi, SD Ma’arif NU 2 Cenang, SDN Dukuhwringin,SDN 3 Kalierang, MTs Assalafiyah Sitanggal, MI Nahdlatul Ulama Dukuhmaja dan MI Ikhsaniyah Siwungkuk

Sementara itu, dalam pembinaannya Fajarin Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Brebes yang juga mantan Pengurus LP Ma’arif PCNU Pemalang meyakinkan kepada Kepala RA/ Madrasah dan Pengurus bahwa ikut Anggota LP Maarif NU assetnya tidak akan diambil alih tetapi sebagai bukti kepedulian kita kepada NU melalui pendidikan dan dengan bergabung di LP Maarif NU menunjukkan Kebersamaannya dalam membesarkan NU, Kebersamaan di LP Ma’arif NU akan dapat meningkatkan mutu pendidikannya melalui kegiatan Maarif yang bermutu.

” Madrasah harus berpacu untuk memberdayakan dan meningkatkan kreatifitas guru di LP Maarif NU sehingga mutu guru dan siswa bisa bersaing tidak kalah dengan madrasah negeri. Juga disampaikan madrasah harus menjadi garda yang terdepan pendidikan Inklusi. Anak berkebutuhan khusus harus terpenuhi hak-hak belajarnya. Untuk itu kita punya kewajiban memenuhi dan mendampinginya,” tambahnya.

Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) memfasilitasi pendidikan inklusi di madrasah antara lain memberikan bantuan kepada madrasah penyelenggara pendidikan inklusi.

Ditempat yang sama, H. Nur Iman Ali mewakili PCNU Kabupaten Brebes menyampaikan komitmen yang kuat apabila semua lembaga di naungan LP Ma’arif bersatu dan kompak. Semua kegiatan yang ada di madrasah dikelola dengan ma’arif sehingga melahirkan kebersamaan yang bernilai profit.

” Guru merupakan penanam pondasi pendidikan bagi anak, dan untuk itu modal pondasi itu dengan keikhlasan yang akan berat  dengan maslahatan umum (maslahah amah),” terangnya.

Tampak hadir Kepala Kantor KH. Fajarin Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Brebes , Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang diwakili Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pembinaan Dikdas dindinpora Brebes Mohammad Aka Darma Wahana, Imam Gozali Kasi Pendidikan Madrasah sekaligus Wakil Ketua PCNU Kab Brebes, KH. Nur Iman Ali mewakili PCNU Kab Brebes. Hadlir Pengurus LP Ma’arif PCNU Kab Brebes, H. Muhammad Ikhsan, Wasirun, Ali Sutarja, Agus Sunarto, Zaini Abdul Karim dan pengurus lain yang bergabung bersama para peserta rapat.

( Kontributor : Robikhun)

Editor : Bahrul Ulum

Bagikan Ke :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *