Layanan Konsultasi Bimbingan Konseling pada Masa New Normal”

Penulis : Widya Ayu Marliana, M.Pd. Kons.
Guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 2 Brebes

Motivasi Belajar tetap harus ditingkatkan, terlebih bagi pendidik kepada peserta didik dan orang tua itu sendiri, apalagi dalam situasi pandemi corona ini. Anak mestinya akan cepat bosan belajar karena tidak ada teman dirumah, sisi yang lain orang tua juga harus mendampinginya, belum lagi ketika peserta didik harus mengerjakan tugas dari gurunya secara daring.

Pembelajaran dalam situasi new normal, yakni peserta didik harus belajar di dampingi oleh orang tua, kenapa demikian, karena kalau belajar sendiri maka ada kejenuhan dari peserta didik itu sendiri, sehingga orang tua juga harus mampu dan mau untuk mendampingi dengan baik. Orang tua juga dituntut untuk menyesuaikan situasi pembelajaran jarak jauh.

Dalam pembelajaran di SMP Negeri 02 Brebes sudah disiapkan dari pihak sekolah, dimana peserta didik akan terhubung dalam WA group, kemudian mereka memilih sesuai kelasnya masing-masing, misalkan pilihlah mata pelajaran yang akan dituju, misalkan pendidikan agama dan budi pekerti, atau pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, bahasa indonesia dan pelajaran lainnya.

Peserta didik diminta untuk absen kelas, dengan tujuan untuk mengecek kehadiran peserta didik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Secara bertahap ditekankan dalam pola pembelajarannnya. Pihak orang tua tetap diminta untuk mendampinginya agar anak juga termonitor dalam belajar.

Anak-anak yang sudah belajar PJJ kemudian, mereka mengisi mapel sesuai dengan jadwal yang ada, pihak guru bersinergi dengan orang tua, untuk memberikan daring sesederhana mungkin, dan anak tidak merasa kerepotan di rumah, absensi sudah dilakukan, anak diharapkan bisa menyelesaikan pembelajaran tersebut sampai akhir pekan. Berikutnya akan kita unggah lagi materi lainnya, untuk motivasi dan kreatifitas setiap guru bervariasi.

Seperti layanan BK di SMP Negeri 02 Brebes, dalam memberikan soal awal kepada peserta didik, maka akan memberikan kata-kata motivasi kepada peserta didik, misalkan dengan kata-kata ” salam guru BK” , maka anak-anak akan jawab, ” sahabat siswa ” Bapak/Ibu Guru.

Terkait masalah Kendala yang ditemui dalam pembelajaran PJJ adalah jaringan internet dan kemampuan IT, solusi alternatif yang dilakukan adalah menjalin kejasama dan meningkatkan ketrampilan IT, untuk meningkatkan apakah terjadi hubungan motivasi antara peserta didik dengan Pembelajaran Jarak Jauh, maka dilihat dari hasil jawaban yang dijawab oleh peserta didik dengan melihat tingkah laku peserta didik, dan ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas, jika ternyata tepat waktu, berarti ada perubahan atas layanan konsultasi yang diberikan.

Bagikan Ke :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *