penyandang_disabilitas

Giliran Penyandang Disabilitas Dapat Bansos Kemensos

WE Online, Bandung – Sekitar 820 penyandang disabilitas sensorik netra (PDSN) di Kota Bandung sudah menerima bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial RI  (Kemensos).

Kepala Balai Rehabilitasi Sosial PDSN Wyataguna Bandung Sudarso mengatakan pihaknya berupaya agar seluruh warga berkebutuhan khusus terutama PSDN mendapat bantuan sosial terkait pandemi virus korona (covid-19). 

Selain penerima yang berasal dari daftar terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), PDSN yang tidak terdaftar pun turut diberikan bantuan yang berisikan paket sembako.

“Tujuan bansos ini untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok PDSN di masa pandemi,” katanya kepada wartawan di Bandung, Kamis (4/6/2020).

Sudarso memastikan pihaknya sudah menyasar seluruh penyandang tuna netra di Jawa Barat untuk diberi bantuan, terlebih yang tidak masuk DTKS. 

Pada tahap pertama yang disalurkan pada Mei kemarin, sebanyak 2.756 warga nonDTKS di Jawa Barat sudah menerima bantuan tersebut. Meskipun, ternyata masih ada PDSN yang belum tersentuh.

“Selain itu, di Sumedang ada 89, Kabupaten Bandung ada 353,” ujarnya.

Terlebih setelah pihaknya menerima laporan dari Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Jawa Barat yang menyebut masih terdapat ratusan PDSN yang belum menerima bantuan. 

“Ternyata hasil aduan dari Pertuni Jawa Barat, ada 180 yang belum menerima. Makanya hari ini kami salurkan bantuan kepada yang belum,” tambahnya

Sudarso menambahkan setelah menyasar PDSN di Jawa Barat, menurut dia Kemensos pun akan memastikan seluruh penyandang disabilitas di provinsi lain turut menerima bantuan serupa. 

“Hari ini ada tim kami yang dikirim untuk menyasar PDSN di Jawa Tengah, sedikitnya ada 11 kabupaten/kota,” ungkapnya.

Adapun, Ketua DPD Pertuni Jawa Barat Agah Grahanto memastikan bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi warga disabilitas khususnya PDSN. Pasalnya, perekonomian mereka sangat terdampak pandemi covid-19 terutama terhadap usaha mereka yang bergerak di jasa pijat tradisional. Ia berharap pandemi ini segera berakhir agar aktivitasnya bisa berjalan normal seperti semula.

“Sebenarnya kami tidak ingin menerima bantuan ini. Tapi karena kondisi, kami tidak bisa apa-apa,” pungkasnya.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Sumber : wartaekonomi.co.id

Bagikan Ke :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

2 komentar untuk “Giliran Penyandang Disabilitas Dapat Bansos Kemensos”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *