Dinas Arsip Perpustakaan Brebes Gelar Bimtek Transformasi Berbasis Inklusi Sosial

Jatibarang – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes menggelar Bimbingan dan Teknis tentang Strategi Pengembangan Perpustakaan dan TIK Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Kabupaten Brebes Tahun 2020 di Rumah Literasi Waskita Desa Kedungtukang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, Senin (10/8).

Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari dan di ikuti 15 peserta dari masing-masing perpustakaan Desa, yakni Desa Karangmalang, Desa Kaligiri, Desa Pagojengan, Desa Kedungtukang dan desa luwungragi, pasalnya materi ini tentang tranformasi perpustakaan berbasis Inklusi Sosial.

Rofiq Qoidul Adzam, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes mengatakan, ” Perpustakaan jadi tempat sarana dan fasilitas kegiatan semua aspek bukan hanya sumber pengetahuan akan tetapi untuk kesejahteraan,” katanya.

Menurutnya, perpustakaan sebagai fungsi luar biasa berharap kedepannya bisa lebih strategis dalam hal dunia pendidikan, bahkan ekonomi. ” Dari yang berkunjung ke perpustakaan, melihat buku tentang resep makanan lalu di praktekan dan berhasil, ini yang akan menjadikan perpustakaan sebagai kesejahteraan,” tambahnya.

Masih menurut dia, dengan adanya bimtek ini kita harapkan semua peserta dari beberapa pengurus perpustakaan desa. ” Serap semua ilmu dari narasumber yang ada agar implementasi di perpustakaan masing-masing bisa di terapkan,” jelasnya.

Bahkan, untuk tingkat minat baca masyarakat di kabupaten Brebes masih sangat rendah, sehingga ini menjadi pioner tranformasi perpustakaan berbasis Inklusi. ” Mari kita bahu membahu melalui dunia perpustakaan untuk membangun masyarakat lebih baik lagi,” pungkasnya.

Kontributor : Eko Dardirdjo

Bagikan Ke :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *